Prism WIN RT, Framework Kece, Mempermudah Pembuatan Applikasi WindowsStore

, , No Comments
Dulu saya cuma tahu kalau yang namanya framework itu cuma ada di dunia coding web seperti PHP. Nah, ternyata di dunia coding dekstop juga ada, kebetulan framework yang satu ini baru saya pakai untuk membuat applikasi windows store untuk windows 8 dan 8.1. Namanya adalah Prism WIN RT (Prism Windows Runtime).

Untuk Prism sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama. Pertama kali saya mengenal Prism adalah ketika mengerjakan aplikasi Silverlight di kantor lama saya. Membuat applikasi dengan Prism akan mempermudah untuk merancang dan membangun aplikasi yang fleksibel, dan mudah untuk dimaintenance, yang berjalan pada Windows Runtime, Windows Presentation Foundation (WPF) dekstop, Silverlight, atau Windows Phone 7. Dengan Prism juga akan mempermudah evolusi aplikasi dari sekala yang kecil hingga besar.

Kaskus Browser, Applikasi yang saya buat dengan framework Prism Windows
Sementara Prism WIN RT lebih dikhususkan untuk pengembangan applikasi untuk Windows 8 dan 8.1. Saya menyebut Prism adalah sebuah framework, yang dapat mempermudah saya membuat applikasi. Ada beberapa fungsi dan fitur yang disediakan Prism WIN RT yang bisa membuat applikasi menjadi lebih terstruktur, dan lebih mudah untuk dimaintenance dalam jangka panjang.

Dari pengembangnya, Prism WIN RT sendiri ditujukan untuk memberikan panduan kepada pengembang aplikasi windows 8  yang menggunakan C#, Extensible Application Markup Language (XAML), Windows Runtime, dan desain pattern modern seperti MVVM misalnya. Bagian utama dari Prism WIN RT adalah library  Microsoft.Practices.Prism.StoreApps, dan Microsoft.Practices.Prism.PubSubEvents. Dari dua library yang merupakan bagian dari framework prism, disediakan beberapa fitur yang sering dipakai dalam pengembangan aplikasi Windows Store untuk Windows 8 dan 8.1.

Fitur apa saja yang ada di Prism WIN RT?


Fitur Windows :

◦ Suspend, Terminate, and Resume
◦ Snap
◦ Live Tile
◦ Search
◦ Navigation
◦ Setting
◦ World Ready
◦ Accessibility

Kemampuan Untuk Applikasi bisnis :

◦ Manajemen data lokal
◦ Interaksi dengan servis WebAPI
◦ Validasi
◦ Authentication menggunakan FormsAuth dan Authorization

Desain Pattern Yang digunakan :

◦ MVVM and unit testing
◦ UI composition (through composition of ViewModels)
◦ Delegate commands
◦ Loose coupling publisher/subscriber dengan EventAggregator.

Prism for Windows Runtime Library :

◦ ModelViewViewModel dengan Page Navigation dan Lifecycle Management
◦ Validasi
EventAggregator di Class Library yang portable
Search
Settings
Flyouts

Nah, banyak sekali fitur yang berguna. Apalagi jika ditambah dengan desain pattern MVVM, pembuatan applikasi Windows Store untuk windows 8 akan terasa lebih mudah, gampang dimaintain dan menyenangkan untuk di utak - atik :D. Saya sendiri baru membuat satu applikasi yang saya namakan Kaskus Browser dengan menggunakan framework Prism WIN RT. Ada yang mau coba utak - atik atau bahkan mau buat applikasi Windows Store juga?

Rekomendasi Bacaan Lebih Lanjut :

0 comments:

Post a Comment