Kisah Debu Berharga dari Tanah Sumbawa

, , 34 comments
Badan rasanya masih remuk, jam biologis tubuh terpaksa berubah ketika beberapa hari ini harus bangun pagi. Memang sudah sekian lama sejak menjadi full time travel blogger jam kerja saya berubah. Saya pun sepertinya sudah menjadi seorang manusia kalong sejati. Yang terasa efeknya ketika harus sering bangun pagi. Hari itu, saya masih mengikuti program Bootcamp yang diadakan oleh PT Newmont Nusa Tenggara. Dan kali ini jadwalnya adalah menengok konsentrator dimana proses pengubahan seonggok batu tak berharga menjadi konsentrat bernilai tinggi, kemudian di jual kepada para pembelinya setelah dimurnikan secara proses Fisika. Sementara tailing sebagai residunya, akan ditempatkan di laut dalam.

1422550718489126910
Mereka para peserta Newmont Bootcamp yang selalu penuh semangat!
Seperti biasanya, para peserta Newmont Bootcamp digiring ke ruang Makan Tambora, untuk menikmati makanan sehat sebelum beraktifitas. 1/4 Piring Protein tanpa lemak, 1/4 Karbohidrat, 1/2 Piring buah dan sayuran, begitulah seharusnya makanan sehat seperti yang dianjurkan di porsi 1 piring makanan yang ada di Ruang Makan Tambora. Kenyataanya,  seorang karnivor seperti saya, porsi protein pasti lebih banyak. Hehee! Area Konsentrator yang  menjadi lokasi kunjungan hari ini berada tidak jauh dari area pit.

Sebelum melihat langsung bagaimana pemisahan mineral berharga dari batuan, para peserta Bootcamp termasuk saya diberi penjelasan teknis lewat presentasi. Pada presentasi ini dijelaskan teknisnya secara detail, bagaimana bijih batuan setelah dihancurkan menjadi sedikit lebih oleh crusher dibawa oleh ban berjalan diproses di Konsentrator.

14225508441580579319
Konsentrator PT Newmont untuk pemrosesan bijih batuan menjadi konsentrat yang merupakan debu berharga.
Singkatnya seperti ini...
Bijih batuan akan dicampur dengan air laut, kemudian dilanjutkan dengan digerus dengan menggunakan 2 penggerus utama yang disebut Semi Autogenous (SAG) mill dan penggerus tambahan yaitu 4 ball mill. Hasil dari penggerusan di ball mill adalah partikel halus yang terkandung dalam bubur bijih batuan. Nah dari sini kemudian dipompa ke tangki siklon untuk pemisahan akhir mineral berharga dari bijih. Bubur bijih halus dari tangki siklon dialirkan ke sejumlah tangki untuk diambil kandungan mineral berharganya. Tangki ini disebut sel flotasi.
14225513811059533892
Semi Autogenous atau SAG mill untuk menggerus batuan menjadi lebih kecil lagi.
14225514411134710692
Ball mill untuk penggerusan selanjutnya.
Proses sendiri masih belum berhenti disini, karena masih ada proses fisika yang mereka sebut dengan Flotasi. Gampangnya proses flotasi ini adalah pengapungan mineral berharga (entah emas atau tembaga), untuk kemudian diambil sebagai hasil akhir yang berupa konsentrat.

1422550960328039065
Konsentrator PT Newmont untuk pemrosesan bijih batuan menjadi konsentrat yang merupakan debu berharga.
14225510791298554558
Salah satu monitor di ruang kontrol konsentrator menampilkan status konsentrator dalam kondisi real time.
14225511571280121214
Proses flotasi untuk mendapatkan konsentrat berharga.
Karena proses pembentukan konsentrat ini dilakukan secara fisika, jadi hasil akhirnya hanya berupa tailing yang tidak terkontaminasi dengan bahan kimia. Dan kemudian tailing relatif aman untuk ditempatkan ke dalam palung laut dalam. Sedangkan konsentrat yang didapatkan akan dihilangkan kadar garamnya dengan bantuan air tawar di tangki penghilangan kadar garam. Semoga kalian tidak bingung membaca pengalaman saya selama di Konsentrator ini. Bahkan, kata teman - teman yang kuliahnya di metalurgi saja, penjelasan tentang konsentrator ini adalah pelajaran selama beberapa semester. Saya aja yang lulusan Teknik Elektro Kadang masih bingung~ XD 

14225512181136716690
Selain konsentrat, hasil lainnya adalah Tailing yang diamankan sedemikian rupa, lalu ditempatkan di laut dalam.

14225512841130859092
Tailing (kiri), Konsentrat (kanan)
O iya, perjalanan konsentrat masih belum berakhir disini ya. Konsentrat yang sudah dihilangkan kadar garamnya tadi akan dialirkan melalui pipa ke fasilitas filtrasi yang ada di Benete. Nah disinilah proses akhir dari perjalanan konsentrat. Kandungan air konsentrat dihilangkan, hingga hasil akhirnya berupa bubuk yang menyerupai debu. Pun hasilnya debu, ini adalah debu berharga yang didalamnya mengandung tembaga, perak bahkan sampai emas. 

Konsentrat akan ditampung di sebuah gudang yang ada di Benete, sebelum akhirnya diangkut menggunakan kapal. Tentunya sebagian dari konsentrat dikapalkan ke sejumlah pabrik peleburan atau smelter di Gresik, Jawa Timur dan ke berbagai belahan dunia. Proses pemisahannya dan pengambilan logam berharga yaitu tembaga atau bahkan emas sendiri terjadi pada smelter.

14225515892052508567
Tumpukan debu bernilai tinggi yang disebut dengan konsentrat inilah yang diharapkan
Sebelumnya saya hanya mendengar dan melihat proses yang terjadi di Konsentrator ini lewat slide presentasi atau dari infografis yang bertebaran di dunia maya. Namun karena mengikuti program Newmont Bootcamp ini saya jadi bisa melihat secara langsung proses tadi. Bahkan beberapa teman peserta Bootcamp ada yang secara langsung menyentuh dengan tangan mereka baik Konsentrat ataupun Tailing. Kalau saya, dari pada tangan dan shutter kamera kotor, saya cuma berani menyentuh Konsentrat yang sudah dikeringkan! 

14225516291520725494
Melihat yang dinamakan dengan konsentrat dari jarak dekat
14225516551860028948
Sejumput debu berharga dari Sumbawa di jari saya
14225517051206725693
Konsentrat berharga ini siap untuk dijual
Ps : Tulisan ini berdasarkan data dan fakta yang saya lihat selama mengikuti Program Newmont Bootcamp di Batu Hijau, Sumbawa. Tidak ditambahi, ataupun dikurangi. Kalau ada penulisan yang salah kritik dan sarannya bisa dituliskan di komentar yang ada dibawah.

34 comments:

  1. wah keren mas jalan-jalnnya mantap euyy....

    ReplyDelete
  2. Wah nantinya bakal jadi emas atau tembaga ya

    prosesnya semua automasi pakai mesin ya

    ReplyDelete
  3. Konsentrat itu semen bukan ya yg buat bangunan, ternyata melalui proses yang lumayan panjang

    ReplyDelete
  4. Wow, dihaluskan sekecil itu sampai keliatan seperti debu. Kalau ditempatkan di laut itu tujuannya buat apa, kak?

    ReplyDelete
  5. beruntung banget bisa ngeliat langsung proses berharga ini... :)

    ReplyDelete
  6. wah seru banget liat pabriknya :) jadi pengen ke sana juga
    Anyway, salam kenal :)

    VONNYDU

    ReplyDelete
  7. wow, setelah melewati berbagai proses ternyata sangat bernilai dan berharga ya debu ^^

    ReplyDelete
  8. Ahhhh senengnya bs ke newmont.. perusahaan keren bgt nih

    ReplyDelete
  9. Jd tau kantornya newmont. Tulisannya mantep.

    ReplyDelete
  10. wah, keren liputannya dan foto-fotonya mas,,,,Konsentrasi..eh konsentrat...heheee .
    Apa skerg kerjanya peselesiran terus mas..? asik dong, hehehe ...Judulnya juga menarik,..:)))

    ReplyDelete
  11. ternyata pengolahan konsetrat cukup panjang juga ya

    ReplyDelete
  12. Sebenernya belum ngeh juga, konsentrat itu semacam pasir buat coran tapi dibeda bidang kan ya? mf kalau salah :-d

    ReplyDelete
  13. Asyiknya bisa mengikuti acara Bootcamp dan menyerap ilmunya.
    Makasih buat sharingnya, ilmu yang bermanfaat dan menambah pengetahuan khususnya bagi saya pribadi.

    ReplyDelete
  14. seru bangat si Mas bisa ke Newmont, pengalaman yang menyenangkan karena tidak semua orang berkesempatan kesana. Mantaps :)

    ReplyDelete
  15. perasaan sudah pernah mampir di artikel ini, tapi ko komen saya ga ada ya ;(

    ReplyDelete
  16. Keren ya. Baru tahu kalau Newmont ada Bootcampnya. Pengalaman berharga :)

    ReplyDelete
  17. Sebagai lulusan Biologi, harusnya saya ngerti postingan ini. Tapi sebagai sarjana yang lemah di bidang Fisika, saya nggak gitu ngertiiii.... Nice post. Memberi pengetahuan baru tentang proses misah2in mineral batu. Btw blognya unik banget, yaaa.... Mupeng ^___^

    ReplyDelete
  18. konsentratnya kelihatan bahaya ya kalu terhirup

    ReplyDelete
  19. MasyaAllah... mantab!
    ternyata segebitu rumit dan berat prosesnya ^^ *anaksosialkeksayamahnggakngarti

    ReplyDelete
  20. serem liat alat beratnya besar sekali..
    :O

    ReplyDelete
  21. salam kenal, lumayan rumit juga ya prosesnya, otak saya rada ga ngudeng, hehe :P

    ReplyDelete
  22. mas foto -foto yang seperti ini ga dilarang mas sama perusahaanya. atau bagian dari program csrmas

    ReplyDelete
  23. Waowww...proses yang rumit,, pasti motretnya jg rumit itu.. :D

    ReplyDelete
  24. Aaah, bootcamp di newmoon :3 keren mas :)) liat pengolahan konsentrat ._. selaku anak teknik sipil, aku baru tau itu mas -_-

    ReplyDelete
  25. bingung adek bang, bisa dijelaskan dengan lebih sederhana lagi nggak hahhahaa.. tapi keren euy jalan-jalannya :)

    ReplyDelete
  26. asyik banget, bisa liat prosesnya secara langsung :)

    ReplyDelete
  27. Jalan ke pabrik pabrik begini perlu nih buat anak sekolahan...kan nambah wawasan jugak...

    ReplyDelete
  28. Huaaa ini menarik sekali. Semoga saya juga dapat kesempatan lihat proses pengolahan konsentrat ini :)

    ReplyDelete
  29. Mantep bisa sampai kesini :) temen saya kerja disini, memang ngga bisa lihat dunia tapi di gaji nya pake dolar. sedep mantep

    ReplyDelete